Rabu, 02 April 2014

sherpa aplikasi gabungan google now dan siri

Bagi Anda yang menggunakan smartphone berbasis Android, pasti pernah mencoba yang namanya Google Now. Jika belum, maka amat disarankan Anda mencoba aplikasi ini sekarang juga, terlebih lagi pada umumnya aplikasi ini sudah terdapat dalam smartphone Anda dalam bentuk Google Search. Google Now merupakan aplikasi keren Android yang belum berumur panjang, namun sudah banyak disukai di negara asalnya dan berbagai penjuru dunia.
Sebetulnya bagaimana cara kerjanya? Aplikasi ini memberikan Anda beragam kartu (card), yaitu potongan informasi yang relevan dengan keseharian Anda yang didasari data penggunaan smartphone Anda. Jadi, jika Anda pernah mencari jalur ke kantor melalui Google Maps, maka Google Now akan menyajikan kartu secara otomatis yang berisi informasi lama waktu tempuh dari rumah Anda ke kantor. Semakin banyak Anda menggunakan smartphone Anda, maka akan semakin pintar Google Now dengan beragam kartu yang ditampilkan, seperti cuaca, ulang tahun teman Anda yang paling mendekati, acara yang ada di sekitar tempat tinggal Anda, dan masih banyak lagi.
Namun, kekurangan yang paling banyak dikeluhkan terhadap hadirnya Google Now adalah tidak adanya kemampuan ‘asisten pribadi’ seperti layaknya aplikasi Siri pada perangkat buatan Apple. Siri dapat berlaku layaknya asisten pribadi, di mana pengguna bisa memerintahkan berbagai permintaan seperti menjadwalkan rapat atau mengetikkan SMS dan Siri akan bisa mengenali suara penggunanya dan langsung melakukannya layaknya berbicara pada asisten pribadi sungguhan. Meskipun Google Now masih belum mendukung kemampuan ini,
Untungnya Android memiliki sifat yang terbuka sehingga sangat memungkinkan untuk pihak pengembang lain untuk mengembangkan aplikasi asisten pribadi mereka sendiri yang berbeda dari produk buatan Google. Salah satu aplikasi baru yang mencoba mengisi ruang kosong yang ditinggalkan Google ini adalah Sherpa Beta Virtual Assistant for Android yang baru diluncurkan dan masih dalam tahap beta.
Sherpa Beta Virtual Assistant for Android, atau bisa disingkat Sherpa, menggunakan kemampuan pengenal suara yang tertanam di dalam Android untuk dapat mendengar apa yang Anda perintahkan. Halaman untuk aplikasi ini di Google Play Store menunjukkan bahwa Anda bisa bertanya apapun sesuai dengan kebutuhan Anda terkait dengan musik, jadwal penerbangan, skor sepakbola, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa meminta aplikasi keren Android Sherpa untuk mengetik SMS untuk Anda dengan pengenal suara ataupun menulis status atau foto ke akun jejaring sosial Anda melalui perintah suara saja.
Seperti saudaranya Google Now, Sherpa juga memiliki kemampuan prediksi, yang juga akan mendeteksi keinginan Anda selanjutnya berdasarkan berbagai hal seperti lokasi atau pencarian terakhir, tanpa perlu Anda meminta lagi kepada Sherpa. Pada dasarnya, aplikasi ini seperti Google Now, hanya saja Sherpa akan menjawab langsung pertanyaan Anda dan bukan malah menunjukkan kartu seperti Google Now.
Sebagus apapun performanya, perlu diingat bahwa aplikasi Sherpa ini masih dalam tahap beta. Dalam pengujiannya, aplikasi ini malah akan membawa Anda ke halaman resmi dari MLB ketika pengguna menanyakan skor sebuah pertandingan baseball. Tentunya masih terdapat kekurangan lainnya, namun untuk keperluan memperbarui jejaring sosial misalnya, aplikasi ini dapat berjalan dengan baik, meski untuk mencari jadwal penerbangan Sherpa akan butuh informasi yang cukup mendetail hanya dalam satu pertanyaan.
Selain itu, Sherpa juga masih bisa melakukan kesalahan dalam mendengar perintah yang diberikan oleh penggunanya, sebuah kekurangan yang umum ditemui dari software pengenal suara baik di Android maupun di iOS milik Apple. Kemungkinan masih akan dilakukan pengembangan lebih lanjut terhadap fitur yang disertakan dalam aplikasi yang satu ini, jadi Anda tinggal menunggu saja pengembangnya mengeluarkan aplikasi versi terbaru.
Mengingat harganya yang gratis, mereka baik yang pernah menggunakan Google Now maupun yang tidak rasanya perlu untuk mencoba aplikasi yang satu ini. Berbagai kemampuan Google Now dimilikinya ditambah kemampuan berkomunikasi yang menjadi andalan dari Siri. Bisakah Sherpa mengalahkan Google Now dan bahkan Siri, bisa dilihat perkembangannya ke depannya, namun untuk saat ini tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba terlebih dahulu kemampuan dari Sherpa ini dan buktikan sendiri. Silahkan download aplikasi ini di sini

Title: sherpa aplikasi gabungan google now dan siri; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar