Kamis, 27 Maret 2014

Menggunakan Bahasa Indonesia Pada Google Voice Search (Google Search App)

Belakangan ini saya melihat iklan Google Search App di televisi, dalam iklan ada seorang laki-laki mengeset alarm melalui perintah suara pada Google Search App menggunakan Bahasa Indonesia. Saya jadi penasaran, soalnya selama ini kan setau saya pengaturan bahasa pada aplikasi Google Search App mengikuti pengaturan bahasa Android secara keseluruhan.
Ternyata setelah saya utak-atik sebentar, saya jadi tau bahwa pengaturan bahasa pada Google Search App ini terpisah dengan pengaturan bahasa pada Android. Dengan demikian, kita bisa menggunakan perintah suara berbahasa Indonesia tanpa harus mengubah bahasa di Android secara keseluruhan.
Untuk mengubah pengaturan bahasanya silakan masuk ke Settings -> Language & input dan pilih Voice Search. Di situ silakan gunakan Bahasa Indonesia. :)
google-voice-search-1
Hasilnya jadi begini, sip!
google-voice-search-2
Sekarang kamu nggak perlu repot pakai Bahasa Inggris.. Sayangnya kamu harus selalu tersambung internet biar lancar waktu menggunakan Voice Search, soalnya Bahasa Indonesia belum tersedia untuk didownload dan digunakan secara offline.
Title: Menggunakan Bahasa Indonesia Pada Google Voice Search (Google Search App); Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar